Mengenal Wahhabisme, Siapa Itu Wahabi Versi Bulan Ramadlan

Mengenal Wahhabisme, Siapa Itu Wahabi Versi Bulan Ramadlan

Bulan Ramadlan :: Mengenal Wahhabisme, Siapa Itu Wahabi Versi Bulan Ramadlan
"Mengenal Wahabi/Wahhabi/Salafi/Salafy/Wahhabisme, Siapa Golongan Wahabi dan bagaimana Faham Wahabi".

Pembahasan kita kali ini Mengenal Wahhabisme, Siapa Itu Wahabi.
Wahabi asalnya dari kalimat Wahhabi.
Wahhabi sendiri ialah istilah yang dinisbatkan kepada orang memunculkan pemahaman Wahhabisme.
Muhammad Bin Abdul Wahhab An-Najdi adalah orang yang memulai dan mendirikan paham Wahhabisme.
Mereka menamakan diri mereka dengan istilah pengikut Salafush Shalih (Salafi). Namun mereka dikenal dengan nama Wahabi karena dinisbatkan kepada Nama Pendirinya (Muhammad Bin Abdul Wahhab An-Najdi).

Wahabi salah satu aliran dalam agama islam yang sifatnya keras, ekstrim, dan mempunyai pemahaman bahwa yang selain dari mereka itu kafir dan boleh dibinasahkan atau dihancurkan.

Terbangunnya dan besarnya paham Wahabi ini juga diwarnai dengan peperangan dan pembantaian terhadap ummat muslim yang berpaham Ahlus Sunnah Wal Jama'ah yang oleh wahabi dianggap sebagai Ahli Bid'ah dan Musyrik dan kemusyrikannya lebih dahsyat daripada Musyriknya Abu Lahab dan Fir'aun. setelah berhasil menguasai Mekkah terjadilah Wahhabisasi dimana-mana, dan indonesia juga termasuk dalam target Wahhabisasi yang diselenggarakan oleh Wahabi Arab Saudi.

Di Indonesia Kelompok Wahabi banyak menguasai media, bahkan blog dan website besar yang bernuansa islam juga dikuasai wahabi, sehingga banyak sekali Ummat Islam yang terkecoh dengan wahabi.

Wahabi bukanlah bagian dari Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, Semua Ulama sudah sepakat mengenai hal ini, karena mereka adalah paham yang bernaung dibawah paham Khawarij.

يَخْرُجُ قَوْمٌ مِنْ أُمَّتِي يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ لَيْسَ قِرَاءُتُكُمْ إِلَى قِرَاءَتِهِمْ بِشَيْءٍ وَلاَ صَلاَتُكُمْ إِلَى صَلاَتِهِمْ بِشَيْءٍ وَلاَ صِيَامُكُمْ إِلَى صِيَامِهِمْ بِشَيْءٍ
“Akan keluar satu kaum dari ummatku yang membaca Al-Qur’an, dimana bacaan kalian tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan bacaan mereka, demikian pula shalat kalian tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan shalat mereka, juga puasa kalian tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan puasa mereka.”(HR. Muslim no 2516).


أَنَّ الْحَرُوْرِيَّة لَمَّا خَرَجَتْ عَلَى عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ وَهُوَ مَعَهُ فَقَالُوا ” لاَ حُكْمَ إِلاَّ لِلَّهِ ” قَالَ عَلِيٌّ : كَلِمَةُ حَقٍّ أُرِيْدَ بِهَا بَاطِلٌ, إِنَّ رَسُولَ اللهِ {صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ} وَصَفَ لَنَا نَاسًا إِنِّي لَأَعْرِفُ صِفَتَهُمْ فِي هَؤُلاَءِ يَقُوْلُونَ الَحَقُّ بِأَلْسِنَتِهِمْ لاَ يُجَاوِزُ هَذَا مِنْهُمْ وَأَشَارَ إِلَى حَلَقِهِ . (رواه مسلم )

“Ketika kaum Khawarij Haruriyah memberontak kepada pemerintahan Ali bin Abi Thalib mereka mengatakan, “Tidak ada hukum kecuali milik Allah”. Maka Ali berkata,”Perkataan yang benar, namun yang diinginkan dengannya adalah kebatilan. Sesungguhnya Rasulullah pernah menjelaskan kepadaku tentang ciri-ciri sekelompok orang yang telah aku tahu sekarang bahwa ciri-ciri tersebut ada pada mereka (Khawarij),yaitu mereka mengucapkan perkataan yang benar hanya dengan lisan-lisan mereka, namun tidak melewati kerongkongan mereka.

Ulama Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Khalaf Sedunia baru-baru ini juga sudah bersepakat dan melakukan Muktmar dan menyatakan bahwa Wahabi bukanlah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Pustaka:
1. Hadits Penjelasan Khawarij
2. Wahabi Vs Sunni
3. Siapa Itu Wahabi Salafi? - PM Ramadlan
4. Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah (ASWAJA)
5. Wahabi Bukanlah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Menurut Ulama Sedunia

Sekian "Mengenal Wahhabisme, Siapa Itu Wahabi Versi Bulan Ramadlan" Dan Insya Allah masih akan saya sambung dan akan saya perluas lagi. mohon doa dan semoga bermanfaat.

Posted by Bulan Ramadlan, Published at 14.13.00 and have 1 komentar

1 komentar:

  1. mau nanya mas admin
    tulisan yg bener itu wahhabisme apa wahabisme
    Wahhabi apa wahabi
    terima kasih

    BalasHapus